PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI DUSUN CIPICUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Erlina, Lita Listiana (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI DUSUN CIPICUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka

Download (458kB)
[img] Text
Erlina lita Listiana_Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Di Dusun Cipicung Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuh kembangkan dalam perilaku seseorang. Sehingga nilai-nilai kehidupan tersebut menyatu dalam dirinya. Seiring berkembangnya zaman, banyak kalangan remaja yang tidak mempunyai karakter baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang tua dan pendidik untuk mulai menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak dini. Pendidikan karakter merupakan solusi tepat untuk mengatasi menurunnya moral karakter bangsa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimana peran orang tua dalam pendidikan karakter anak di Dusun Cipicung Desa Bengbulang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran orang tua dalam pendidikan karakter anak Di Dusun Cipicung Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. .Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseacrh), penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasi menunjukan bahwa melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dilapangan bawasannya peran orang tua dalam mendidik karakter anak di Dusun Cipicung Desa Bengbulang Kecamatan Karangpucung yaitu dengan menjadi pemimpin dilakukan dengan membiasakan anak melakukan hal-hal yang baik, memberikan contoh yang baik terhadap anak. Kemudian sebagai panutan orang tua menggunakan bahasa yang bagus, sopan dan melibatkan anak dalam kegiatan rumah tangga seperti membersihkan rumah agar anak bisa belajar bertanggung jawab. Sebagai teman orang tua mendengarkan keluh kesah anak, memberi masukan untuk masa depan. Sedangkan perannya sebagai guru orang tua mengajarkan pendidikan agama, mengajarkan menghormati orang lain, dan menjadi guru yang baik untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua,Pendidikan Karakter Anak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erlina lita listiana
Date Deposited: 08 Aug 2021 02:47
Last Modified: 08 Aug 2021 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item