Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan Karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman

Eva Nur, Fadhilah (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan Karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eva Nur Fadhilah_Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan Karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan akhlak khususnya akhlak terpuji hendaknya ditanamkan dalam diri satu persatu dan secara perlahan-lahan agar menjadi kebiasaan sehingga terjadi tanpa pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Akhlak merupakan hal yang dapat ditanamkan dan dipelajari. Kitab sebagai salah satu sumber pembelajaran ilmu-ilmu ke-Islaman yang penulisnya memiliki khazanah keilmuan yang luas bisa menjadi rujukan yang valid. Kitab Nurul Burhan Karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman merupakan kitab manaqib yang berisi tentang cerita tentang Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani yang memiliki berbagai macam akhlak yang bisa kita teladani. Melihat berbagai macam akhlak Syaikh Abdul Qodir yang ada dalam Kitab Nurul Burhan, maka penulis merumuskan bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman. Penulisan skripsi ini tergolong penulisan pustaka (library research) sebab, bahan yang diteliti adalah bahan dokumen, yaitu Kitab Nurul Burhan karya Abi Luthfi Hakim dan Hanif Muslih bin Abdurrahman. Sehingga, dibutuhkan sumber data primer yaitu Kitab Nurul Burhan dan sumber data sekunder yaitu sumbersumber yang relevan seperti buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Setelah ditelaah lebih jauh, terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Nurul Burhan yang dijabarkan dan dibagi dalam dua kategori yaitu dari segi hubungan dan dari segi sifat. Dari segi hubungan, terdapat akhlak kepada Allah, kepada Rasul, kepada orang lain. Sedangkan dari segi sifat terdapat akhlak mahmudah dan akhlak mazmumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Akhlak, Kitab Nurul Burhan
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Eva Nur Fadhilah
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:43
Last Modified: 05 Aug 2021 10:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item