ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto)

VINA, DWI YULIANTI (2021) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK VINA DWI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VINA DWI YULIANTI_1717202050.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Preferensi nasabah merupakan hal yang penting dalam pemasaran karena berhubungan erat dengan keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuannya, yaitu keputusan pembelian yang dilakukan oleh nasabah atas dasar preferensi nasabah. Religiusitas merupakan petunjuk mengenai cara menjalankan hidup dengan benar dan religiusitas menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat beragama, terlebih umat islam. Makna religiusitas digambarkan dalam berbagai aspek sebagai petunjuk mengenai cara menjalankan hidup dengan benar agar manusia mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan religiusitas terhadap preferensi nasabah pada bank syariah. Fokus peneliti dalam penelitian ini kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Berdasarkan hasil observasi dari 46 mahasiswa, sebanyak 33 mahasiswa tidak memanfaatkan fasilitas kampus untuk menggunakan bank syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, statistik deskriptif. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah sedangkan variabel Religiusitas tidak berpengaruh terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah. Variabel Bauran Pemasaran dan Religiusitas bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Religiusitas, Preferensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Religiusitas, Preferensi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Vina Dwi Yulianti
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:29
Last Modified: 05 Aug 2021 10:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item