Hasri, Nur Azizah (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA KETURUNAN CINA DI DESA WLAHAR KULON KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Bismillah Skripsi Hasri N.A.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Muslim keturunan Cina, baik mereka yang memeluk agama Islam sejak lahir ataupun yang mualaf, merupakan bagian dari keragaman komunitas di masyarakat, dimana didalamnya terdapat budaya, karakteristik yang khas, hasil dari pengalaman hidup dan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Di Desa Wlahar Kulon Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas terdapat keturunan Cina yang merupakan etnis minoritas dari mayoritas penduduk daerah tersebut sehingga menarik untuk dikaji tentang bagaimana implementasi pendidikan Islam dalam Keluarga Keturunan Cina ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pendidikan Islam dalam keluarga Keturunan Cina di Desa Wlahar Kulon Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, sehingga dapat ditemukan suatu pola dan pelaksanaan yang berbeda dari keluarga muslim pada umumnya yang dapat diambil pelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskripstif kualitaif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini pendidikan Islam dalam keluarga keturunan Cina ini berusaha mewujudkan tujuan menjadi seorang muslim dan keturunan Cina yang baik sehingga dapat menjalankan ajaran agama dan menjaga tradisi dengan baik dari sekian banyak pengalaman dan tantangan yang dihadapi. Untuk mewujudkan hal tersebut di ikuti dengan nilai-nilai ajaran yang terdapat didalamnya yakni dengan pendidikan akidah yang menjadikan kuat keyakinanya, dengan pendidikan ibadah menjadikan benar dalam bersyariat dan dengan pendidikan akhlak menjadikan baik dalam hubungan sesama manusia. Metode atau cara yang digunakan keluarga ini dalam menjalankan nilai-nilai ajaran tersebut meliputi metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan dan lain sebagainya. Untuk evaluasi disini dengan mengontrol dan mengetahui ketercapaian pendidikan agama Islam dalam keluarga yang dilaksanakan melalui proses evaluasi bertahap, stimulus, reward dan punisment sesuai pelaksanaan kegiatan yang ada. Adapun hasil penelitian ini ditunjukan dengan terwujudnya tujuan keluarga, kedisiplinan anak dalam pelaksanaan ibadah, semangat dalam belajar agama, rasa toleransi yang kuat, kesiapan sikap dan mental anak menjadi seorang muslim sekaligus keturunan Cina, serta keberadaannya yang dapat diterima oleh semua kalangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Keluarga, Keturunan Cina. |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Hasri Nur Azizah |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 09:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 09:51 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |