NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO

Dian, Nurhayani (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN NURHAYANI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selain sebagai media hiburan, film juga mengandung banyak nilai yang berguna, seperti nilai pendidikan Islam. Salah satu film yang bisa dijadikan media pembelajaran pendidikan Islam adalah film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, nilai pendidikan akidah meliputi iman kepada Allah SWT dan iman kepada Qadha dan Qadar. Kedua, nilai pendidikan ibadah meliputi kegiatan berdo’a yang dilakukan selepas melaksanakan shalat dan sikap dermawan atau saling memberi antar sesama kepada yang sedang membutuhkan uluran tangan. Ketiga, nilai pendidikan akhlak terdiri atas akhlak kepada Allah SWT yakni sikap bersyukur, bertakwa, dan ikhlas; akhlak kepada Rasulullah saw. terdiri dari bersilahturahmi sekaligus mengucapkan salam; akhlak kepada sesama terbagi dalam akhlak kepada diri sendiri yaitu sikap sabar, rendah hati, menuntut ilmu, dan mengajarkan ilmu kepada orang lain, akhlak dalam keluarga yaitu sikap untuk saling memberi kasih sayang, akhlak kepada orang lain yaitu memberi pertolongan dan bersikap sopan santun; akhlak kepada lingkungan yaitu dengan menyadari akan kebesaran Allah SWT atas penciptaan alam dan seisinya dengan menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan sekitar. Kata Kunci: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Film Jembatan Pensil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Film Jembatan Pensil
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Nurhayani sdr
Date Deposited: 05 Aug 2021 09:33
Last Modified: 05 Aug 2021 09:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item