PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA

Nur, Farida (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V-Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Farida _Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powrpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematika merupakan salah satu kemampuan awal yang penting dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika agar siswa mampu menyampaikan ide-ide matematis serta menyelesaikan berbagai permasalahan dalam matematika ke dalam bentuk gambar, diagram, tabel, grafik, model matematika. Salah satu faktor pendukung pembelajaran adalah media pembelajaran. Di SMP Nuruddin Tonjong perlu adanya media pembelajaran yang mendukung seperti berbasis teknologi agar proses pembelajaran berlangsung efektif. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint pada materi statistika di kelas VIII SMP Nuruddin Tonjong, dimana statistika termasuk dalam materi kelas VIII semester genap yang memerlukan kemampuan representasi matematika. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Nuruddin Tonjong yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan validitas media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint valid dan layak digunakan dengan mendapat hasil validasi ahli materi 3,70, validasi ahli media 3,74, dan penilaian guru dan siswa mendapat kriteria kelayakan menarik dengan penilaian guru 3,52 dan penilaian siswa 3,52. Selanjutnya efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa kelas VIII SMP Nuruddin Tonjong dengan skor N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 65,68 lebih baik dari skor N-Gain pada kelas kontrol sebesar 56,34. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Powerpoint, Representasi Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Powerpoint, Representasi Matematika Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Farida sdri
Date Deposited: 05 Aug 2021 08:15
Last Modified: 05 Aug 2021 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item View Item