NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISĪR AL-KHALLAQ FĪ ‘ILMI AL-AKHLLAQ KARYA ḤĀFIZ ḤASAN AL-MAS’UDĪ

Latifatul, Maisaroh (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISĪR AL-KHALLAQ FĪ ‘ILMI AL-AKHLLAQ KARYA ḤĀFIZ ḤASAN AL-MAS’UDĪ. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Latifatul Maisaroh.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada manusia sejak dini. Karena sangat pentingnya tersebut, semua upaya pendidikan sejatinya berorientasi kepada pembinaan nilai-nilai akhlak. Dengan akhlak akan tercipta kehidupan yang damai, rukun, dan saling toleransi. Seseorang yang memiliki akhlak yang baik akan menjadikannya bernilai di hadapan Allah dan makhluk-Nya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dialami oleh manusia sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap dan perilaku manusia itu sendiri. Begitu pula dengan pola belajar anak yang berubah seiring dengan perkembangan zaman. Pelajar saat ini memiliki akhlak yang semakin menurun. Untuk itu, kita perlu mempelajari akhlak islami yaitu akhlak yang di ajarkan dalam agama Islam dalam lingkungan sanak keluarga dan sesama manusia. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk membahas lebih dalam mengenai Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisīr Al-Khallaq Fī ‘Ilmi Al-Akhllaq Karya Ḥāfiz Ḥasan Al-Mas’udī Penelitian ini merupakan jenis penelitian literer dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode analisis isi, dengan sumber primernya yaitu kitab Taisīr Al-Khallaq Fī ‘Ilmi Al-Akhllaq karya Ḥāfiz Ḥasan Al-Mas’udī. Langkah-langkahnya yaitu, pertama, merumuskan masalah penelitian, dalam hal ini yaitu apa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khallaq karya Ḥāfiz Ḥasan Al-Mas’udī. Kedua, peneliti mengambil sample dari isi kitab. Ketiga, peneliti membuat kategori-kategori pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab. Keempat, peneliti mendeskripsikan pendidikan akhlak berdasarkan kategori-kategori yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisīr Al-Khallaq Fī ‘Ilmi Al-Akhllaq yang terdiri dari 31 tema yang kemudian diringkas menjadi lima pembahasan yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, akhlak kepada diri sendiri, akhlak yang harus dilakukan dan akhlak yang harus dihindari sangat relevan dengan Pendidikan Agama Islam karena memiliki hubungan dan keterkaitan yang sangat erat dan saling melengkapi dilihat dari tiga aspek, yaitu hakikat dan tujuan pendidikan, materi akhlak dalam kitab Taisīr Al-Khallaq Fī ‘Ilmi Al-Akhllaq, dan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Kitab Taisīr Al-Khallaq Fī ‘Ilmi Al-Akhllaq
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.39 Tafsir Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Latifatul Maisaroh
Date Deposited: 03 Aug 2021 11:21
Last Modified: 03 Aug 2021 11:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item