IMPLEMENTASI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VBSDN 1 MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Amri, Aghniah (2021) IMPLEMENTASI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VBSDN 1 MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MODEL COURSE REVIEW HORAY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Matematika adalah salah satu pembelajaran yang wajib ada di setiap tingkat pendidikan dari mulai Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan bahkan di bangku Perkuliahan. Namun sayangnya pembelajaran matematika yang harusnya menjadi pembelajaran berkala ini malah justru menjadi salah satu momok yang menakutkan di kalangan para peserta didik umumnya. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya pencapaian prestasi nilai rata-rata pada pembelajaran matematika. Selaras dengan hal tersebut pencapaian pembelajaran matematika juga kurang memuaskan di tingkat internasional yakni menurut Program for International Student Assesment / PISA (2018) pada literasi membaca, matematika dan sains menunjukkan kemampuan matematika turun dari 386 pada 2015 menjadi 379 pada 2018. Skor itu dibawah rata-rata OECD yaitu 487. Sekolah Dasar yang menjadi awal gerbong pembuka dalam pembelajaran matematika harusnya memberikan pondasi dasar yang kuat untuk keberlangsungan pembelajaran matematika di tingkat selanjutnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Model Course Review Horay Pada Pembelajaran Matematika Kelas VB SD N 1 Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yakni teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan megumpulkan seluruh data yang selanjutnya menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Objek penelitiannya adalah model Course Review Horay dalam pembelajaran matematika, sedangkan subjeknya ialah anak kelas VB SDN 1 Majapura. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan model Course Review Horay dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan cara melaksanakan tahapan-tahapan sebagai berikut yang meliputi awalnya guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai kemudian menyajikan materi mengenal dan menghitung satuan panjang selama 15-30 menit. Selanjutnya guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang belum dimengerti atau tanya jawab selama 10 menit. Peserta didik kemudian dianjurkan untuk membuat kelompok yang beranggotakan 4 orang dan masing-masing kelompok untuk mempersiapkan yel- yel yang akan dilafalkan nantinya. Selain itu masing-masing kelompok juga disuruh untuk menyiapkan kertas guna membuat kotak-kotak kecil yang berjumlah 9 kotak dengan nomor urut yang sudah ditentukan. Guru kemudian membacakan soal secara acak dan peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan bersama. Jika jawaban benar diisi dengan tanda (v) dan salah diisi dengan tanda (x). Kelompok yang sudah mendapat tanda (v) baik vertikal atau horisontal atau diagonal harus berteriak horray dan melafalkan yel-yel yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Course Review Horay, Pembelajaran Matematika, Kelas VB
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Amri Aghniah
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:34
Last Modified: 04 Aug 2021 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item