NURMALASARI, AZIZAH (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMK MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
NURMALASARI AZIZAH_ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMK MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan persamaan dan fungsi kuadrat. Tidak semua siswa dapat menyelesaikan masalah secara tepat. Masalah merupakan suatu persoalan yang tidak langsung diketahui bagaimana cara menyelesaikannya. Sehingga, ada banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menyelesaikan masalah. Suatu kondisi dimana siswa menemukan hambatan maka disebut dengan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari gaya belajarnya yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI AKL 1 SMK Ma’arif NU 1 Cilongok. Dari subjek tersebut dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes penyelesaian masalah, dan wawancara untuk menganalisis kesulitan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI AKL 1 mempunyai gaya belajar visual dengan persentase 70,58 %, sedangkan gaya belajar auditorial dengan persentase 8,82 %, dan gaya belajar kinestetik dengan persentase 20,58%. Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan dan fungsi kuadrat ditinjau dari gaya belajar siswa adalah: 1) kesulitan yang dialami siswa gaya belajar visual yaitu kesulitan membuat rencana penyelesaian dan memeriksa kembali; 2) kesulitan yang dialami siswa gaya belajar auditorial yaitu kesulitan melakukan perhitungan dan memeriksa kembali; 3) kesulitan yang dialami gaya belajar kinestetik yaitu kesulitan memahami masalah dan memeriksa kembali. Faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah variasi gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Siswa, Menyelesaikan Masalah, Matematika, Gaya Belajar |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sdri NURMALASARI AZIZAH |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 04:39 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 04:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10555 |
Actions (login required)
View Item |