Agustiyani, Rohmawati (2021) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI MA'ARIF NU BENTUL, KEBASEN, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Agustiyani Rohmawati_Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendekatan Saintifik Di MI Ma'arif NU Bentul, Kebasen, Banyumas.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam suatu kegiatan pembelajaran guru tentunya menginginkan tujuan dari pembelajaran tercapai secara maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan keterampilan dalam pengelolaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana keterampilan guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi pembelajaran yang optimal dalam pembelajaran pendekatan saintifik serta untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengendalikan kondisi pembelajaran dalam pembelajaran pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU Bentul, Kebasen, Banyumas. Dengan subjek penelitian guru kelas I, IV dan kepala madrasah. Hasil penelitian keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran pendekatan saintifik, yaitu: Menciptakan dan mempertahankan kondisi pembelajaran yang optimal dalam pembelajaran pendekatan saintifik, dimana seorang guru menunjukan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian, memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas, menegur, dan memberikan penguatan. Guru menunjukan sikap tanggap terhadap peserta didik dengan memberikan perhatian kepada setiap peserta didik dengan memandang setiap peserta didik dan mendekat secara langsung dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, mendemonstrasikan apa yang ingin diketahui oleh peserta didik. Guru membagi perhatian kepada peserta didik dengan cara kontak pandang langsung dengan peserta didik, memberikan komentar dan penjelasan terhadap aktivitas peserta didik. Guru memusatkan perhatian dengan cara melakukan tepuk-tepuk dan menyanyi. Guru memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas kepada peserta didik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik dan dengan mencontohkan langsung. Guru menegur kepada peserta didik yang tidak memerhatikan ketika guru sedang menjelaskan, dan ketika peserta didik bermain sendiri, menegurnya secara halus dengan tida menyakiti fisik atau perasaan peserta didik. Guru memberi penguatan dalam pembelajaran dengan menangkap perilaku negatif peserta didik dan membandingkan perilaku negatif tersebut dengan perilaku peserta didik yang positif, mencontoh perilaku teman lainnya yang bersifat positif. Dalam pengendalian kondisi belajar yang optimal dalam pembelajaran pendekatan saintifk. Dimana seorang guru memodifikasi tingkah lakunya dengan mengurangi dan menghilangkan tingkah laku yang tidak di inginkan melalui pemberian hukuman. Guru melakukan pengelolaan kelompok dengan mempertimbangkan kemampuan setiap peserta didik. Guru dalam menemukan suatu masalah dalam kegiatan pembelajaran dapat memecahkan masalah yang timbul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | agustiyani rohmawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 04:36 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 04:36 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10553 |
Actions (login required)
View Item |