Pengelolaan Dana Zakat Lazismu Banyumas Program Pemberdayaan Ekonomi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Desa Binaan Lazismu di Dusun Karang Tawang Banyumas)

Muhamad, Afrian Wicaksono (2021) Pengelolaan Dana Zakat Lazismu Banyumas Program Pemberdayaan Ekonomi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Desa Binaan Lazismu di Dusun Karang Tawang Banyumas). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMAD AFRIAN WICAKSONO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan sumber dana potensial yang dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan umum bagi seluruh masyarkat. Potensi zakat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat akan terwujud, apabila penyalurannya tidak langsung diberikan kepada mustahik untuk keperluan konsumtif, tetapi dihimpun, dikelola dan di distribusikan oleh badan / lembaga yang amanah dan profesional. Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) Muhammadiyah atau LAZISMU Banyumas memiliki tujuan untuk memberi bantuan dana kepada seseorang (mustahiq) dalam bentuk bantuan modal usaha. Penulis tertarik untuk mengetahui dan meneliti bagaimana pengelolaan dana zakat program pemberdayaan ekonomi Lazimu Banyumas sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dana zakat program pemberdayaan ekonomi Lazimu Banyumas sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dusun Karang Tawang, Wangon, Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara serta dokumentasi, sementara teknik analisis dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan zakat pada Lazismu Banyumas dilakukan dengan profesional dan aamanah sesuai dengan visi dan misinya. Ada tiga program yang dijalankan dalam program pemberdayaan ekonomi di desa Karang Tawang yang di fasilitasi oleh Lazismu Banyumas yaitu : Program Tani Bangkit, Budidaya Ikan Lele, serta Shelter Kambing, yang mana dari ketiga program tersebut memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat desa Karang Tawang dalam hal peningkatan dan pemenuhan kebutuhan material, spiritual dan sosial masyarakat sehingga ada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa Karang Tawang yang mengikuti program Lazismu tersebut. Kata Kunci : Pengelolaan Dana Zakat, Pemberdayaan Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Zakat, Pemberdayaan Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.143 Zakat Pendapatan (Profesi, Pertanian, Perikanan, Rikaz dll)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Muhamad Afrian Wicaksono
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:28
Last Modified: 03 Aug 2021 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item