STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SEKTOR INDUSTRI KERAJINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS KERAJINAN SANGKAR BURUNG JAYA DESA BANJARSARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS)

Fera Agus, Dwiyaningsih (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SEKTOR INDUSTRI KERAJINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS KERAJINAN SANGKAR BURUNG JAYA DESA BANJARSARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fera Agus D_1717201021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kondisi mewabahnya pandemi covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dikarenakan pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sosial distancing diseluruh daerah di Indonesia yang berdampak pada pemerosotan ekonomi, dan banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tetapi di industri kerajinan sangkar burung jaya tetap memproduksi kerajinan sangkar burung dan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja(PHK) pada karyawan. Industri kerajinan sangkar burung jaya merupakan salah satu pelaku usaha dalam bidang Ekonomi kreatif. Dalam sebuah usaha tentunya ada permasalahan internal perusahaan dan eksternal perusahaan yang berdampak pada suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dapat mengembangkan Ekonomi Kreatif kerajinan sangkar burung jaya pada masa pandemi Covid-19 Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan lokasi penelitian di Desa Banjarsari pada bulan Novemver 2020-Juni 2021. Merode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif Kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan strategi suatu perusahaan menggunakan analisis SWOT Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan Ekonomi Kreatif pada masa pandemi covid-19 industri kerajinan sangkar burung jaya yaitu Terus meningkatkan produksi, Meningkatkan Pelatihan pembukuan dan skill kepada karyawan, Meningkatkan Kualitas Produk, serta Meningkatkan promosi menggunakan berbagai media sosial. Dengan adanya industri kreatif kerajinan Sangkar Burung Jaya menambah kontribusi terhadap aspek kehidupan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Pandemi Covid-19, Analisis SWOT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fera Agus Dwiyaningsih
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:31
Last Modified: 02 Aug 2021 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item