PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), THIRD PARTY FUNDS (TPF) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2015-2020

Hari, Ayuningtyas (2021) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), THIRD PARTY FUNDS (TPF) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2015-2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HARI AYUNINGTYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia mengalami kemajuan pesat sebagai salah satu infrastruktur sistem perbankan nasional, dengan semakin luasnya jaringan perbankan syariah di berbagai wilayah Indonesia. Dari beberapa jenis pembiayaan, pembiayaan murabahah lebih besar dari pembiayaan lainnya. Pembiayaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor internal yang meliputi Capital Adequacy Ratio (CAR), Third Party Funds (TPF) dan Financing To Deposit Ratio (FDR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Third Party Funds (TPF), Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap pembiayaan Murabahah dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel moderating. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan Bank Umum Syariah selama periode 2015-2020. Total sampel yang diperoleh berjumlah 6 Bank Umum Syariah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji stasioner, asumsi klasik, analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah dengan menggunakan alat bantu software Eviews10. Hasil uji regresi menunjukan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah, sedangkan Third Party Funds (TPF) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif dan signifikan. Kemudian hasil moderated regression analysis (MRA) menunjukan bahwa Non Performing Financing (NPF) tidak mampu memoderasi pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Third Party Funds (TPF), Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap pembiayaan murabahah. Nilai koefisien determinasi model regresi sebesar 94.52%, hal ini berarti 94.52% dijelaskan oleh variabel yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sisanya 5.08% dijelaskan oleh variabel yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Third Party Funds (TPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), Pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing (NPF).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Third Party Funds (TPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), Pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing (NPF).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdr Hari Ayuningtyas
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:26
Last Modified: 02 Aug 2021 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item