KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KONTEN YOUTUBE ANALISA CHANNEL: SELF LOVE DAY 1-7 (ANALISIS HERMENUTIKA GADAMER)

Septiana, Sofkhatin (2021) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KONTEN YOUTUBE ANALISA CHANNEL: SELF LOVE DAY 1-7 (ANALISIS HERMENUTIKA GADAMER). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Septiana Sofkhatin_Komunikasi Persuasif dalam Konten Youtube Analisa Channel Self Love Day 1-7 (Analiais Hermeneutika Gadamer).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi menjadi kunci kehidupan sosial yang menentukan terjalinnya kehidupan bersama. Saat terjadinya komunikasi, komunikator mengharapkan agar komunikan menerima pesannya dengan baik. Oleh karena itu pengertian komunikasi persuasif yaitu suatu proses komunikasi yang didalamnya terdapat usaha meyakinkan orang lain dengan cara membujuk tanpa memaksanya agar publiknya berbuat dan bertingkah laku seperti yang diharapkan komunikator. Youtube menjadi media dalam mempersuasi masyarakat melaui berbagai konten yang disajikan, salah satunya Analisa Channel. Analisa Widyaningrum sebagai pemilik konten menyuguhkan konten tentang pskologi dan manusia. Melalui bidang keilmuan psikologinya, Analisa mengajak masyarakat mempelajari ilmu kesehatan mental, seperti self love. Skripsi ini menggunakan teori hermeneutika Hans Georg Gadamer. Dengan teori hermeneutika ini maka akan di cari bentuk-bentuk self love melalui historis, dialektika/dialog, dan teori penerapan (application). Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian literer dengan pendekatan hermeneutik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif dalam konten youtube Analisa Channel Self Love Day 1-7 milik Analisa Widyaningrum. Hasil penelitian ini menunjukkan di dalam teks di temukan bentuk self love yaitu cinta kepada Allah SWT, memaafkan diri sendiri dan orang lain, tidak iri dengan apa yang orang lain punya, semangat bekerja, sabar dan syukur, berpikir positif, serta ikhlas. Bentuk-bentuk self love tersebut disampaikan oleh Analisa dengan penyampaian yang bersifat persuasif, melalui kesempatan yang diberikan Analisa kepada penonton untuk mencoba tips-tips yang diberikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Analisa Channel, Hermeneutik, Self Love
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Septiana Sofkhatin
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:34
Last Modified: 31 Jul 2021 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item