PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN PRACTICALE LIFE DI DARUL ATHFAL COKROAMINOTO KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Ajeng ayu, Puspitasari (2021) PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN PRACTICALE LIFE DI DARUL ATHFAL COKROAMINOTO KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AJENG-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penanaman karakter kemandirian anak usia dini pada kegiatan practicale life di Darul Athfal Cokroaminoto Dagan Bondolharjo Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penanaman karakter kemandirian anak usia dini pada kegiatan practicale life. Teknik pengumpulan data yang dilakukan : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meggumakan Miles and Huberman, yang terdiri dari : Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data(Data Display) dan Verifikasi (Consultion Drawing). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Tringulasi berupa tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu. Hasil penelitian menjelaskan tentang penananaman karakter kemandirian anak usia dini. Adapun kegiatan penanaman karakter kemandirian anak usia dini yang diterapkan disekolah yaitu : (1) memakai dan melepas sepatu sendiri (2) masuk kelas sendiri (3) melepas dan memakai baju sendiri (4) mengambil alat sendiri (5) makan sendiri (6) rak sendiri. Berbagai kegiatan practicale life yang dilakukakan untuk menjadikan nak lebih mandiri melalui kegiatan practicale life.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter Kemandirian, Anak Usia Dini, Kegiatan Practicale Life
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ajeng Ayu Puspitasari
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:11
Last Modified: 30 Jul 2021 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item