PENGARUH PERSEPSI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP N 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Deliana, Rahmawati Taufik (2021) PENGARUH PERSEPSI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP N 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DELIANA RAHMAWATI TAUFIK_PENGARUH PERSEPSI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP N 1 PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Purwojati Kabupaten Banyumas. Kemampuan pemecahan masalah merupakan satu kemampuan matematis yang penting dan perlu dikembangkan oleh siswa yang belajar matematika. Keberhasilan dari suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah persepsi matematika. Persepsi matematika pada siswa kelas VIII SMP N 1 Purwojati berbeda-beda sehingga hasil belajar yang diperoleh juga berbeda-beda. semakin positif persepsi siswa maka semakin meningkat kemampuan pemecahan masalah siswa dan sebaliknya semakin negatif persepsi siswa maka akan semakin menurun kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Purwojati yang berjumlah 221. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 143 siswa berdasarkan aturan jumlah ukuran sampel menurut rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Purwojati. Diperoleh persamaan regresinya yaitu = 18,261 + 0,227X. Besar koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,075. Sehingga, dapat dikatakan bahwa besar pengaruh persepsi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Purwojati sebesar 7,5% dan 92,5% kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Deliana Rahmawati Taufik sdr
Date Deposited: 29 Jul 2021 00:23
Last Modified: 29 Jul 2021 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item