NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM "WEDDING AGREEMENT" KARYA ARCHIE HEKAGERY (ADAPTASI DARI NOVEL "WEDDING AGREEMENT" KARYA ERIA CHUZAIMIAH)

Syifa, Wasilatul Afiah (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM "WEDDING AGREEMENT" KARYA ARCHIE HEKAGERY (ADAPTASI DARI NOVEL "WEDDING AGREEMENT" KARYA ERIA CHUZAIMIAH). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syifa Wasilatul Afiah_Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Wedding Agreement Karya Archie Hekagery (Adaptasi dari Novel Wedding Agreement Karya Eria Chuzaimiah).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana penting dalam pembentukan akhlak yang baik pada diri seseorang. Melihat semakin banyak permasalahan akibat dari kurangnya penanaman akhlak yang baik mengakibatkan manusia kurang siap dalam mengahadapi permasalahan dalam kehidupan. Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat meningkatnya kasus perceraian di Indonesia akibat dari kurangnya penanaman akhlak yang baik dan kesiapan mental dalam pernikahan. Banyak faktor yang membuat perceraian terjadi salah satunya yaitu pernikahan dini. Minimnya pengetahuan mengenai kehidupan pernikahan menjadi salah satu faktor perceraian terjadi. Untuk menangani kasus tersebut, dibutuhkan media pendidikan untuk menanamkan akhlak yang baik, salah satunya yaitu dengan media film yang berjudul “Wedding Agreement” karya dari Archie Hekagery. Dalam film tersebut mengisahkan perjuangan seorang istri yang tetap mempertahankan pernikahannya agar terhindar dari perceraian. Penelitian ini menganalisis seluruh adegan dan dialog film “Wedding Agreement” yang di dalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis semiotika. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam film “Wedding Agreement” karya Archie Hekagery diantaranya yaitu: Pertama, Akhlak kepada Allah SWT seperti beriman dan beribadah kepada Allah SWT. Kedua, Akhlak terhadap Rasulullah SAW seperti senantiasa mengucapkan salam. Ketiga, Akhlak terhadap diri sendiri seperti beriman, jujur, menunaikan janji, ikhlas, penyantun, sabar, istiqamah, iffah, dan pemaaf. Keempat, akhlak dalam keluarga seperti akhlak anatara suami istri. Kelima, Akhlak dalam bermasyarakat seperti adab bertamu dan menerima tamu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Film “Wedding Agreement”
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifa Wasilatul Afiah sdr
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:29
Last Modified: 28 Jul 2021 05:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item