PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI KASUS MAHASISWA S-1 IAIN PURWOKERTO TAHUN ANGKATAN 2017-2020)

Atik, Agreta (2021) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI KASUS MAHASISWA S-1 IAIN PURWOKERTO TAHUN ANGKATAN 2017-2020). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ATIK AGRETA_PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI KASUS MAHASISWA S-1 IAIN PURWOKERTO TAHUN ANGKATAN 2017-2020).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era saat ini perkembangan teknologi tidak hanya berkisar pada aspek informasi dan komunikasi, namun sudah merambah ke segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam aspek ekonomi. Dalam perkembangannya, terdapat transformasi dalam pembayaran tunai (cash) menjadi pembayaran non tunai (non cash). Pembayaran non tunai dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu produk yang digunakan yaitu uang elektronik (e-money). Penggunaan uang elektronik tentu dilandasi dengan berbagai faktor, diantaranya adalah persepsi kemudahan dan persepsi manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh persepsi kemudahan dalam meningkatkan minat menggunakan e-money; (2) pengaruh persepsi manfaat dalam meningkatkan minat menggunakan e-money; (3) pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat secara bersama-sama dalam meningkatkan minat menggunakan e-money. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model field research. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan purpossive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi kemudahan untuk meningkatkan minat menggunakan e-money; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi manfaat untuk meningkatkan minat menggunakan e-money; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi kemudahan dan persepsi manfaat secara bersama-sama untuk meningkatkan minat menggunakan e-money.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Uang elektronik, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, minat menggunakan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Atik Agreta sdr
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:58
Last Modified: 27 Jul 2021 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item