PENERAPAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO BERDASARKAN PSAK NO. 106

Muhammad, Adtya Inngam (2021) PENERAPAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO BERDASARKAN PSAK NO. 106. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Muhammad Adtya Inngam_Penerapan Akuntansi Pembiayaan Musyarakah pada BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto berdasarkan PSAK No. 106.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi berdasakan kesepakatan sedangkan kerugian ditanggung berdasarkan porsi kontribusi dana. Untuk membuat pelaporan pencatatan akuntansi keuangan membutuhkan standarisasi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam Penerapan Akuntansi Pembiayaan Musyarakah. Dimulai dari pengakuan dan pengukuran, penyajian serta pengungkapan transaksi Musyarakah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Akuntansi Pembiayaan Musyarakah berdasarkan PSAK No. 106 di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto, untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan peraturan pada PSAK No. 106. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto dalam menerapkan PSAK No. 106 belum sepenuhnya sesuai, untuk pengakuan dan pengungkapan sudah sesuai namun untuk pengakuan pada saat awal akad dan penyajian pada pembiayaan musyarakah perlu adanya penyesuaian kembali dengan PSAK dikarenakan pada saat penyerahan kas atau aset non kas di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto mengakuinya sebagai pembiayaan musyarakah seharusnya diakui sebagai investasi musyarakah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah, Akuntansi, PSAK 106
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Adtya Inngam sdr
Date Deposited: 26 Jul 2021 08:44
Last Modified: 26 Jul 2021 08:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item View Item