Komodifikasi Nilai Islam dalam Produk Pasta Gigi Herbal Hpai di WhatsApp Purwokerto

Moh. Komar, Mubarak Nur Hidayat (2021) Komodifikasi Nilai Islam dalam Produk Pasta Gigi Herbal Hpai di WhatsApp Purwokerto. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MOH. KOMAR MUBARAK NUR HIDAYAT.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan era industri 4.0 yang mana dalam segala sesuatunya industri harus mulai ikut beralih pada penggunaan teknologi internet. Adapun dampak dari era industri ini yaitu maraknya penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran serta promosi produk yang mereka miliki. Seperti salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai alat pemasaran serta promosi di Purwokerto Khususnya yaitu WhatsApp. Dengan adanya hal tersebut menyebabkan munculnya istilah social marketing yang mana istilah tersebut dalam WhatsApp ini dimanfaatkan oleh para kapitalisme untuk memasarkan serta mempromosikan produk mereka yang mana dalam memasarkan dan mempromosikannya tersebut mereka menggunakan nilai Islam yang telah dikomodifikasi untuk mempengaruhi khalayak muslim Purwokerto sebanyak￾banyaknya untuk membeli produk mereka. Seperti pada produk pasta gigi herbal HPAI di WhatApp Purwokerto mengalami komodifikasi nilai Islam. Adapun permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pemasaran produk pasta gigi herbal HPAI di WhatsApp Purwokerto? dan bagaimana komodifikasi nilai Islam dalam produk pasta gigi herbal HPAI di WhatsApp Purwokerto? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu konsumen serta produsen produk pasta gigi herbal HPAI di Purwokerto. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dari data yang ada direduksi untuk mendapatkan data pokok dalam penelitian ini, setelah itu data pokok yang ada diuraikan menjadi sebuah uraian yang jelas dan yang terakhir yaitu uraian yang ada disimpulkan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam memasarkan serta mempromosikan produk pasta gigi herbal HPAI di WhatsApp Purwokerto mencantumkan visual produk yang menarik serta mencantumkan sertifikasi perusahaan dalam media pemasaran produk pasta gigi herbal HPAI tersebut. 2) Komodifikaai nilai Islam dalam produk pasta gigi herbal HPAI di WhatsApp Purwokerto ini berupa simbol yang berada pada logo dan kata halal, serta teks hadits. Sedangkan yang berupa indeks terdapat pada kata hijrah, herbal dan juga kata puasa ramadhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pasta Gigi Herbal HPAI, Komodifikasi, Nilai Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Moh. Komar Mubarak Nur Hidayat sdr
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:46
Last Modified: 22 Jul 2021 08:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item