FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MILENIAL DALAM MEMILIH KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH BTN SYARIAH KCP PURWOKERTO)

Fahmi, Yulian Idris (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MILENIAL DALAM MEMILIH KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH (KPR) SYARIAH (STUDI KASUS NASABAH BTN SYARIAH KCP PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAHMI YULIAN IDRIS.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini didasarkan pada angka kebutuhan rumah yang tinggi dibandingkan dengan permintaan. Dari data nasabah pembiayaan BTN Syariah KCP Purwokerto terjadi peningkatan di mana nasabah yang mengajukan berdasarkan umur terbanyak pada generasi milenial dengan presentasi sebesar 70 persen dibandingkan dengan nasabah yang berumur lebih dari 40 tahun hanya 30 persen. Hal ini disebabkan generasi milenial belum mempunyai rumah, baru mendapatkan pekerjaan dan baru menjalani kehidupan mandiri. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat nasabah milenial dalam memilih KPR Syariah. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasinya meliputi seluruh nasabah BTN Syariah KCP Purwokerto masuk kategori milenial dengan umur 21 sampai 40 tahun, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS IBM versi 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor religiusitas, harga, lokasi perumahan, promosi dan karakteristik KPR Syariah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah milenial dalam memilih KPR Syariah. Secara parsial ada faktor religiusitas, promosi dan karakteristik KPR Syariah berpengaruh terhadap minat nasabah milenial dalam memilih KPR syariah sedangkan faktor harga dan lokasi perumahan tidak berpengaruh. Untuk faktor yang paling dominan berpengaruh adalah faktor promosi dengan nilai beta paling besar (-0,343) dan untuk faktor paling dominan tidak berpengaruh adalah lokasi perumahan dengan nilai beta terendah 0,063. Koefisien determinasi dihasilkan 27,1% menunjukkan bahwa faktor – faktor yang diajukan dapat mempengaruhi minat nasabah milenial memilih KPR Syariah dan 72,9% dijelaskan faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Harga, Lokasi Perumahan, Promosi, Karakteristik KPR Syariah, Milenial, Memilih KPR Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fahmi Yulian Idris sdr
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:03
Last Modified: 21 Jul 2021 05:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item