PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN LEMBAGA NEGARA TINGKAT PUSAT DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS IV SEMESTER II MI MA’ARIF NU 01 DESA KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rizki Amaliyah, 1223310011 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN LEMBAGA NEGARA TINGKAT PUSAT DENGAN STRATEGI CARD SORT DI KELAS IV SEMESTER II MI MA’ARIF NU 01 DESA KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
RIZKI AMALIYAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi warga indonesia. Sehingga mata pelajaran tersebut sudah ditanamkan sejak dini di pendidikan dasar anak. Agar mereka tumbuh menjadi warga yang berjiwa nasionalisme. Namun, dalam pembelajaran mata pelajaran PKn bagi siswa bukan hal yang mudah karena karakteristik materi yang kebanyakan bersifat hafalan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya nilai hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran PKn khususnya pada pokok bahasan Lembaga Negara Tingkat Pusat. Adapun salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Lembaga negara Tingkat Pusat yaitu menggunakan strategi Card Sort. Dalam strategi Card Sort siswa diberi kesempatan untuk berperan aktif dalam memahami materi. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah apakah strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok Bahasan Lembaga Negara Tingkat Pusat pada Kelas IV Semester II MI Ma’arif NU 01 Kaliwedi Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas ? Janis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode dan Instrumen dalam penggalian data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari analisis data yang dilakukan diperoleh data kondisi awal, siklus I, siklus II yaitu rata-rata kelas yang awalnya hanya 50,8 setelah menggunakan strategi card sort naik menjadi 71,9 dengan prosentase ketuntasan 80,8% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi menjadi 80,8 dengan prosentase ketuntasan 87,5 % pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Card Sortdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok Bahasan Lembaga Negara Tingkat Pusat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Lembaga Negara Tingkat Pusat, Strategi Card Sort.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Sep 2016 04:20
Last Modified: 07 Sep 2016 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item