Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Kaliputih, Kec. Purwojati, Kab. Banyumas

Catur, Cahya Ningrum (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Kaliputih, Kec. Purwojati, Kab. Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CATUR CAHYA NINGRUM-Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Kaliputih, Kec. Purwojati, Kab. Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri Kaliputih. Adapun latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang jarang digunakan dalam pembelajaran. Kurangnya minat siswa yang dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang dianggap membosankan atau kurang bervariasi. Serta kurangnya motivasi belajar dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga hasil belajar mengalami penurunan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian adalah 174 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 63 siswa dari kelas 1 s/d 6 di SD Negeri Kaliputih. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji analisis peneliti melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas regresi, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas 1 s/d 6 di SD Negeri Kaliputih. Adapun besarnya pengaruh media dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,419 yang berarti bahwa media dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 41,9%, sedangkan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Catur Cahya Ningrum
Date Deposited: 19 Jul 2021 05:49
Last Modified: 19 Jul 2021 05:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item