MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ALIDRIS TONJONG BREBES

mukmin, mukmin (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ALIDRIS TONJONG BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ALIDRIS TONJONG BREBES)
ISI TESIS MANAJEMEN KURIKULUM SMK YASPIA TONJONG MUKMIN R2 I JULI lengkap OK OK 3 PDF.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI TESIS MANAJEMEN KURIKULUM SMK YASPIA TONJONG MUKMIN R2 I JULI lengkap OK OK 3 PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam mengelola lembaga pendidikan, kurikulum merupakan salah satu jantung kehidupan sekolah, tanpa adanya kurikulum sangat dimungkinkan kegiatan belajar mengejar tidak dapat berjalan dengan baik dan terarah sebagaimana tujuan sebuah lembaga pendidikan. SMK Yaspia Tonjong adalah sebuah lembga pendidikan yang usianya tergolong sangat muda dibanding SMK-SMK sekitar sebelumnya, dengan keterbatasan sumber daya manusia serta sarana prasarana yang dimilki. SMK Yaspia Tonjong ternyata dapat berjalan dan bahkan mampu besaing dengan SMK-SMK yang ada sebelumnya. Hal inilah yang menarik penulis untuk melakukan penelitian di SMK Yaspia Tonjong terutama yang terkait dengan Bagaimana Manajemen Pengembangan Kurikulum SMK Yaspia Tonjong. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mendeskripkan dan menganalisis bagaimana Manajemen Pengembangan Kurikulum SMK Yaspia Tonjong Kabupaten Brebes mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaannya sampai pada evaluasinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data pada penelitian di SMK Yaspia Tonjong pada dasarnya apa yang telah dilakukan SMK tersebut dalam Manajemen Pengembangan Kurikulum sudah dapat berjalan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaannya sampai pada evaluasinya?. Hal ini dibuktikan dengan adanya Tim pengembangan kurikulum dan Dokumen Kurikulum SMK Yaspia Tonjong dimana kurikulum sebelumnya belum memuat mata pelajaran mulok berupa Aqidah Akhlaq, setelah 2 tahun kemudian ada penambahan mata pelajaran mulok Aqidah Akhlaq yang ini juga merupakan salah bukti adanya manajemen pengembangan kurikulum. Kata Kunci: manajemen, pengembangan, kurikulum. CURRICULUM DEVELOPMENT MANAGEMENT VOCATIONAL HIGH SCHOOL TONJONG BREBES ISLAMIC EDUCATION FOUNDATION Mukmin 191765043 email: [email protected] Islamic Education Management Study Program Postgraduate Program of the State Islamic Institute (IAIN) Purwokerto ABSTRACT In managing educational institutions, the curriculum is one of the hearts of school life, without a curriculum it is very possible that the implementation of learning activities cannot run properly and be directed as the goal of an educational institution. SMK Yaspia Tonjong is an educational institution that is relatively young compared to previous SMKs, with limited human resources and infrastructure. Yaspia Tonjong Vocational School was able to run and even compete with the previous SMK. This is what attracted the author to conduct research at Yaspia Tonjong Vocational School, especially with regard to How Management of Curriculum Development at Yaspia Tonjong Vocational School. The purpose of this research is to describe and analyze how the Curriculum Development Management of Yaspia Tonjong Vocational School, Brebes Regency, from planning, organizing, implementing to evaluation. In this study the authors used a qualitative descriptive method, with data collection techniques by means of observation, interviews and documentation. The findings obtained based on the results of data analysis in research at SMK Yaspia Tonjong are basically what SMK has done in Curriculum Development Management, has it gone well from planning, organizing, implementing to evaluation? This is evidenced by the curriculum development team and the Yaspia Tonjong Vocational School Curriculum Document where the previous curriculum did not contain mulok subjects in the form of Aqidah Akhlaq, after 2 years later there was an addition of mulok subjects Aqidah Akhlaq which is also evidence. the existence of curriculum development management. Keywords: management, development, curriculum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: pengembangan kurikulum
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengembangan, kurikulum.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mukmin Mukmin sdri
Date Deposited: 19 Jul 2021 05:58
Last Modified: 19 Jul 2021 05:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item