Sevi Mihroma Awalia, NIM. 092335062 (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH di KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANG LEWAS KIDUL. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
Sevi Mihroma Awalia_UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH di KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANG LEWAS KIDUL.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
Abstract
Salah satu komponen yang paling sering mendapat perhatian dalam proses pembelajaran bahasa adalah segi metode. Sukses dan tidaknya suatu program pembelajaran bahasa seringkali dinilai dari segi metode yang digunakan. Sebab metodelah yang menentukan isi dan cara dalam mengajarkan keterampilan berbahasa itu sendiri. Kualitaspembelajaranmenurutdapatdilihatdarisegiprosesdandarisegihasil. Dari segi proses, pembelajarandikatakanberkualitasapabilaseluruhnyaatausebagaianbesarpesertadidi kterlibatsecaraaktifdalam proses pembelajaran, gairahbelajaryangtinggi, semangatbelajar yang besar, dan rasa percayapadadirisendiri. Sedangkandarisegihasil proses pembelajarandikatakanberkualitasapabilaterjadiperubahanperilaku yang positifpadadiripesertadidikseluruhnyaatausetidak-tidaknyasebagaianbesar (75 %) . Metode pembelajaran belajar berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam kegiatan penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPA, Kepala Madrasah dan siswa kelas V MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Sedangkan objek penelitiannya adalah upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah siswa kelas V di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyumas.Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi 3 tahap kegiatan yaitu tahap reduksi data/ data reduction, tahap penyajian data/ data display dan tahap penarikan kesimpulan/ conclusion drawing atau verification. Kata kunci : Kualitas Pembelajaran, Metode Pembelajaran Berbasis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 03:47 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1031 |
Actions (login required)
View Item |