ANALISIS RASIO PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Yang Masuk Dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2019)

Sefni, Yuswiyah (2021) ANALISIS RASIO PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Yang Masuk Dalam Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2016-2019). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEFNI YUSWIYAH ES NIM. 1717201039.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kinerja keuangan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang masuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2019 berdasarkan rasio profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis rasio keuangan sebagai teknik analisis data. Total sampel yang diuji sebanyak 3 perusahaan yang dipilih menggunakan purposive sampling yang terdiri dari PT Astra Agro Lestari Tbk, PT London Sumatra Indonesia Tbk, dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk. Jenis data yang digunakan yakni data sekunder, yaitu data laporan keuangan yang terpublikasi di Bursa Efek Indonesia meliputi annual report dan laporan tahunan perusahaan. Data yang digunakan adalah laporan laba-rugi dan laporan neraca tahun 2016-2019 dari setiap perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas dari setiap perusahaan mengalami tren penurunan dan menunjukan kinerja yang kurang baik dibuktikan dengan nilai rata-rata rasio berada di bawah standar industri. Dibandingkan dengan perusahaan yang lain, PT Astra Agro Lestari Tbk menjadi perusahaan yang terbaik dengan nilai return on investment 5,93% dan return on equity 2,03%. Hasil analisis likuiditas diperoleh bahwa seluruh perusahaan yang diteliti memiliki kondisi yang fluktuatif. Seluruh perusahaan mengalami penurunan nilai current ratio, quick ratio dan cash ratio pada tahun 2018. Kinerja terbaik berdasarkan rasio likuiditas dimiliki oleh PT London Sumatra Indonesia Tbk. Selanjutnya analisis solvabilitas, diketahui bahwa seluruh perusahaan yang diteliti memiliki kondisi yang solvabel atau mampu menjamin seluruh hutangnya dengan aktiva yang dimiliki. Kinerja terbaik berdasarkan rasio solvabilitas dimiliki oleh PT London Sumatra Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Sefni Yuswiyah
Date Deposited: 20 Jul 2021 04:29
Last Modified: 20 Jul 2021 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item