Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Kreatif dan Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas

WINARNI, WINARNI (2021) Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Kreatif dan Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_WINARNI_191766041_MPAI_FIX REVISI UJIAN (2).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penerapan pola pengembangan pendidikan karakter yang ada di pondok pesantren sangat efektif dalam pembinaan karakter kreatif dan tanggung jawab santri. Hal ini erat kaitannya dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk pribadi muslim yang berakhlakul karimah dan menjadi pribadi muslim yang kaffah. Obyek penelitian ini adalah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan sistem Pendidikan 24 jam di dalam asrama dengan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berusaha menjelaskan pola pengembangan pendidikan karakter kreatif dan tanggung jawab dan bagaimana cara penerapannya. Informasi didapatkan dengan cara melakukan observasi secara langsung ke pondok, melakukan wawancara dengan pimpinan pondok dan beberapa ustadz ustadzah di pondok serta dengan para santri yang tinggal di pondok, yang kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif serta dianalisis secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pola pengembangan pendidikan karakter kreatif dan tanggung jawab dengan: 1) Tata tertib dasar santri, 2) Kurikulum, 3) Pembiasaan, 4) Keteladanan, 5) Organisasi Kepeserta didikan. Sedangkan nilai-nilai karakter kreatif santri terlihat dari: 1) pola pikir, 2) Keberanian, 3) Sikap optimis. Nilai-nilai karakter tanggung jawab santri terlihat dari: 1) Pemberian tugas, 2) Menjadi pemimpin, 3) Menjadi tutor sebaya. Implementasi pola pengembangan pendidikan karakter kreatif dan tanggung jawab terdapat di dalam kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler serta dalam aktivitas kegiatan santri. Implikasi pola pengembangan pendidikan karakter kreatif dan tanggung jawab santri terlihat dari kepribadian santri, perolehan prestasi santri dan penurunan perilaku negative santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola pengembangan, karakter kreatif, karakter tanggung jawab
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WINARNI WINARNI sdri
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:42
Last Modified: 09 Jul 2021 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10261

Actions (login required)

View Item View Item