PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO)

Hilda, Nurul Aeni (2021) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL HILDA NURUL AENI 1717201026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 171 juta jiwa dengan prediksi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin baik, hal ini mendorong munculnya berbagai start up di Indonesia salah satunya adalah Marketplace Shopee. Hal ini juga yang mendorong adanya pergeseran perilaku konsumen dari semula offline, konsumen dapat memilih berbelanja secara online. Perilaku konsumen sangat penting untuk Sellers meskipun banyak strategi pemasaran dirancang untuk mempengaruhi reaksi emotional dan kepercayaan konsumen, strategi tersebut pada akhirnya harus berujung pada perilaku terbuka konsumen yang sangat bernilai salah satunya memahami perilaku konsumen pada Marketplace Shopee. Perilaku konsumen berkaitan erat dengan keputusan pembelian. Menurut Kotler, keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang mempunyai penjabaran yang luas termasuk variabel-variabel penelitian yang peneliti ambil, tetapi peneliti juga menemukan fakta pada Marketplace Shopee yang tidak sesuai dengan teori yang ada. Variabel yang diambil peneliti adalah Harga, Promosi dan Penilaian Produk. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif (field reasearch). Populasinya adalah Mahasiswa IAIN Purwokerto yang pernah bertransaksi lebih dari satu marketplace, salah satunya pada Marketplace Shopee. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Analisis data dilakukan melalui korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall W dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan variabel Harga, Promosi, dan Penilaian Produk memiliki korelasi positif dan berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian dalam uji Konkordasi Kendall W menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi ordinal pada tabel Model Parameter Estimates menunjukkan bahwa variabel harga, promosi dan penilaian produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jadi Kesimpulannya adalah Variabel Harga, Promosi dan Penilaian produk secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mahasiswa IAIN Purwokerto pada Marketplace Shopee. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Harga, Promosi, Penilaian Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Harga, Promosi, Penilaian Produk
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hilda Nurul Aeni sdr
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:33
Last Modified: 01 Jul 2021 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item