PENGARUH CELEBRITY'S ENDORSEMENT, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PRODUK QONITA GHOLIB BY QONITA BOUTIQUE JAKARTA)

Ikrima Risqi, Ardiani (2021) PENGARUH CELEBRITY'S ENDORSEMENT, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PRODUK QONITA GHOLIB BY QONITA BOUTIQUE JAKARTA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKRIMA RISQI ARDIANI 1717201027 berwatermark.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sudah sangat pesat seiring berkembangnya jaman. Berbagai macam teknologi yang muncul, memiliki kontribusi terhadap penduduk di seluruh dunia. Tak terkecuali dalam bidang ekonomi. Internet telah mengubah cara konsumen dalam mencari barang dan jasa yang akan mereka beli serta cara penjual mempromosikan jualanya. Celebrity’s endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran yang marak dilakukan pengusaha lokal saat ini. Selain mempromosikan produk dengan menggunakan celebrity’s endorsement, kualitas produk dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan dapat merangsang pengaruh positif electronic word of mouth, yang merupakan cara yang efektif dan efisien untuk mempengaruhi pelanggan baru, dan akhirnya meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas perusahaan. Konsumen akan terlebih dahulu menjelajahi web untuk membaca komentar dan ulasan online mengenai produk atau jasa yang mereka minati untuk membantu dalam membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah dari ketiga strategi promosi tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk jualan. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis model explanatory research. Data yang digunakan yaitu data primer. Dengan mengambil subjek penelitian produk Qonita Gholib by Qonita Boutique. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah kuesioner atau angket dengan skala likert. Memilih kuesioner karena cocok dengan penelitian ini yang memiliki responden dengan jumlah banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Variabel yang diteliti yaitu celebrity’s endorsement (X1), electronic word of mouth (X2), kualitas produk (X3), dan keputusan pembelian (Y). Sampel yang digunakan dengan merujuk pada metode slovin yang diambil dari followers instagram Qonita Gholib yang merupakan populasi yang akan diteliti. Sebelum dianalisis data penelitian akan diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS 16. Data Peneliti merupakan data ordinal yang akan dianalisis dengan menggunakan rank spearman, kendall tau, dan regresi ordinal. Sedangkan untuk variabel multivariate akan dianalisis menggunakan konkordansi kendall W. Hasil pengujian data tersebut valid dan reliable artinya data tersebut data yang benar dan dapat diterima karena telah sesuai dengan peraturan dalam sistem ukur serta data tersebut telah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Sedangkan hasil penelitian dari kuesioner yang diperoleh dari beberapa responden menghasilkan bahwa: 1) Celebrity’s Endorsement berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 4) Variabel independen (celebrity’s endorsement (X1), electronic word of mouth (X2), kualitas produk (X3)) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian (Y)). Kata Kunci : Celebrity’s Endorsement, Electronic word of mouth, Kualitas produk, Keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Celebrity's endorsement, electronic word of mouth
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikrima Risqi Ardiani
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:14
Last Modified: 25 Jun 2021 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item