Eti, Sutarsih (2021) STRATEGI PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA BOARDING SCHOOL DI SMK NEGERI JAWA TENGAH DI PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
TESIS.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan informasi membawa dampak yang signifikan kepada tingkah laku siswa. Banyaknya kasus pelanggaran yang dilakukan siswa membuat khawatir orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Kasus pelanggaran tersebut seperti pornoaksi, aborsi, penyalahgunaan narkoba, konsumsi minuman keras, bullying, pembohongan terhadap orang tua dan guru, bolos sekolah, mencontek saat ujian dan ulangan, serta pencurian, suka menerabas aturan, dan lainnya. Karakter menjadi penting diterapkan di sekolah dalam menjawab kekhawatiran orang tua. Pendidikan karakter itu sendiri adalah usaha yang diajarkan kepada siswa dalam menerapan nilai-nlai yang baik agar menjadi siswa yang berkarakter baik dengan tujuan untuk mewujudkan pendidikan yang menghasilkan pribadi yang beriman dan berakhlak mulia dan dapat memilih keputusan antar yang baik atau yang buruk maka perlu adanya sekolah yang memiliki strategi dalam menanamkan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam mengumpulkan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis juga menggunakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi data yaitu sumber dan metode untuk membandingkan dan mengecek derajat kepercayaan sumber penelitian. Hasil dari penelitian ini dapat penulis ambil kesimpulan bahwa penanaman 18 nilai karakter dapat melalui strategi dengan sistem boarding school, pembelajaran integratif, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah. Dari keempat strategi penanaman nilai karakter tersebut terbukti efektif untuk melatih dan membiasakan dalam mewujudkan pendidikan karakter siswa. Siswa akan lebih fokus dengan adanya pembiayaan penuh atau gratis dan pengawasan penuh dalam 24 jam di boarding school, kemudian nilai karakter juga diintegrasikan ke pembelajara lain dengan adanya kelas komatsu dalam program teaching industry, niai karakter juga ditanamkan dalam ekstrakurikuler wajib dan tidak wajib dan budaya sekolah menjadi pembiasaan untuk menanamkan dan terus mengingatkan agar memiliki nilai karakter. Kata Kunci : Strategi, Penanaman, dan Nilai Karakter Siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Penanaman, dan Nilai Karakter Siswa |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eti Sutarsih sdri |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 06:18 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10218 |
Actions (login required)
View Item |