Yuni, Kartini (2021) Pengembangan Program Insan Qur'ani di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Purwokerto Barat. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
TESIS_ YUNI KARTINI 191765032.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Program Insan Qur’ani melalui kegiatan kokurikuler merupakan inovasi dalam meningkatkan kemampuan membaca, menghapal sekaligus menerapkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.tujuan dikembangkannya program Insan Qur’ani untuk menjadikan peserta didik secara khusus memiliki kepribadian yang Qur’ani, meningkatkan kualitas karakteristik dari peserta didik agar menjadi peserta didik yang baik dari akhlaknya, belajarnya maupun dari ibdahnya serta membiasakan peserta didik membaca Al-Qur’an dan mampu menghapalkan Al-Qur’an. Untuk pengembangan program tersebut, maka harus dilaksanakan secara terintegrasi dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan program Insan Qur’ani, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Purwokerto Barat. Data penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan Ustadzah. Tekhnik analisis data dilakukan melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Untuk mewujudkan program tersebut dibutuhkan perencanaan pengembangan Program Insan Qur’ani yang baik dan matang. Perencanaan terebut yaitu dengan cara merumuskan tujuan mengapa perlu dikembangkan program Insan Qur’ani. Langkah berikutnya adalah pengorganisasian dengan melibatkan semua sumber daya yang ada untuk melaksanakan program Insan Qur’ani dengan cara memberikan tugas dan tanggung jawab program Insan Qur’ani kepada ustadzah yang memiliki kecakapan dan kompetensi yang baik agar program dapat tersampaikan kepada peserta didik dengan baik dan lancar. Selanjutnya pelaksanaan pengembangan program Insan Qur’ani dilakukan dengan melaksanakan semua program kegiatan yang telah direncanakan diawal karena pelaksanaan merupakan bentuk implementasi program yang telah dibuat guna mencapai tujuan.Sedangkan langkah terakhir adalah kegiatan evaluasi yang dalam hal ini kepala madrasah melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran secara langsung dengan tujuan untuk mengukur tingkat efektivitas dan efisiensi program sehingga dapat diketahui kelemahan-kelemahan untuk diadakan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan Program Insan Qur'ani |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yuni Kartini sdri |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:54 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10187 |
Actions (login required)
View Item |