Optimalisasi Peran BMT Nusa Ummat Sejahtera guna Meningkatkan pemberdayaan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Purwokerto

Khairy, Ahmad Darmawan (2021) Optimalisasi Peran BMT Nusa Ummat Sejahtera guna Meningkatkan pemberdayaan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Khairy Ahmad Darmawan.pdf - Cover Image

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ekonomi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena ekonomi memiliki peran yang penting untuk menjaga kestabilan berbangsa dan bernegara. salah satu cara untuk mengembangkan ekonomi umat di Indonesia ialah dengan mendirikan Bank Syariah. Kebutuhan masyarakat yang semakin lama semakin meningkat, maka lembaga keuangan yang bersekala kecil seperti BMT Nusa Ummat Sejahtera disini berperan penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat untuk menjalankan kegiatan usaha yang produktif melalui bantuan dalam bentuk permodalan pengembangan UMKM. Metodologi penelitian dalam penyusunan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan mengenai optimalisasi pemberdayaan UMKM oleh BMT Nusa Ummat Sejahtera Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis deskriptif. Dapat disimpulkan bahwa hadirnya Baitul maal wat tamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan mikro melakukan usaha pembiayaan ekonomi yang produktif bagi nasabahnya. Hal ini menandai bahwa hadirnya BMT sangat memberikan dampak besar kepada masyarakat melihat uraian data hasil penelitian bahwasannya banyakanya nasabah yang melakukan pembiayaan dan jumlah pembiayaan yang cukup banayak menjadikan kehadiranya memiliki peran penting dalam roda penggerak ekonomi UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan UMKM, Optimalisasi Peran BMT Nusa Ummat Sejahtera
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Khairy Ahmad Darmawan
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:45
Last Modified: 14 Jun 2021 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item