TRADISI AMBENGAN DALAM MEMPERINGATI ISRA MI'RAJ DI DESA WADASMALANG, KECAMATAN KARANGSAMBUNG, KABUPATEN KEBUMEN

Nisa, Solikhatun (2021) TRADISI AMBENGAN DALAM MEMPERINGATI ISRA MI'RAJ DI DESA WADASMALANG, KECAMATAN KARANGSAMBUNG, KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NISA SOLIKHATUN_TRADISI AMBENGAN .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia mempunyai suatu tanggungjawab terhadap lingkungannya agar keberlangsungan hidupnya terus berjalan. Dan salah satu tanggungjawabnya yaitu melanjutkan tradisi yang berasal dari nenek moyang. Tradisi merupakan warisan yang berharga dari masa lampau yang perlu dilestarikan tanpa harus menghambat kreatifitas masyarakat. Tradisi tidak dapat begitu saja dihilangkan tanpa menimbulkan akibat-akibat yang besar bagi kehidupan masyarakat terutama bagi tujuan melestarikan sumber-sumber bahan, tenaga dan daya. Seperti halnya tradisi ambengan yang ada di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Tradisi ambengan adalah semacam perkumpulan warga sekampung, sedusun, dan se-RT dan se-RW. Ambengan memiliki makna makan bersama masyarakat. Tradisi ini penting untuk diteliti dalam bidang keilmuan karena untuk mengetahui bagaimana sejarah tradisi, prosesi serta nilai-nilai Islam yang terkadung didalamnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan sejarah serta rangkaian tradisi ambengan dan nilai-nilai Islam yang terkandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan metode penelitian budaya. Sumber primer yang digunakan yaitu observasi dengan mendatangi tempat tradisi tersebut dan wawancara secara mendalam tentang tradisi ambengan serta dokumentasi kegiatan. Sumber lain yang digunakan yaitu buku, jurnal dan artikel bebas. Inti dari penulisan ini yaitu membahas mengenai sejarah tradisi ambengan dan rangkaian acara tradisi ambengan. Tradisi ambengan merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat desa Wadasmalang yang didasari oleh bentuk rasa syukur warga terhadap Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Tradisi ambengan sendiri pertama kali dilaksanakan pada tahun 1970-an. Tradisi ini dicetuskan pertama kali berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat acara peringatan Isra Mi’raj di desa Wadasmalang. Dalam tradisi ambengan ini tentunya memiliki nilai-nilai Islam yang terkandung didalamnya seperti, nilai syukur, sedekah, silaturahmi, ibadah dan Ukhuwah Islamiyah. Kata Kunci: Tradisi ambengan, sejarah, nilai Islam, Isra Mi’raj.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tradisi ambengan, sejarah, nilai Islam, Isra Mi’raj.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.6 Cerita-Cerita Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: NISA SOLIKHATUN sdr
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:39
Last Modified: 10 Jun 2021 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item