IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ATHFAL 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

JUWARIYAH, JUWARIYAH (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ATHFAL 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS SEMUA BAB ACC JUWARIAH OKE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) merupakan suatu konsep pengelolaan otonomi madrasah untuk pengambilan keputusan dengan melibatkan seluruh komponen madrasah secara efektif dan efisien, Manajemen Berbasis Madrasah yang diartikan sebagai model pengelolaan yang memberikan kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada madrasah, mendorong partisipasi masyarakat secara langsung serta transparansi dan akuntabilitas madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MI Tarbiyatul Athfal 03 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Adapun proses pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi teknis analisis data dalam penelitian ini melalui tiga alur yaitu, Reduksi, Sajian data dan Verifikasi atau Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi MBM di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Athfal 03 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengevaluasian dengan melibatkan semua unsur madrasah yaitu kepala madrasah, guru, komite dan masyarakat dimana menerapkan prinsip efektivitas dan efesiensi dalam menggunkan sumber daya madrasah baik personil, materi maupun sarana dan prasarana, komponen MBM terdiri dari manajemen kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, hubungan sekolah dan masyarakat, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarana pendidikan serta layanan khusus, kualitas pembelajaran dapat dilihat dari berbagai faktor yaitu manajemen madrasah, kinerja kepala madrasah/guru dan peran serta masyarakat, dalam mewujudkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Imlplementasi, Manajemen Berbasis Madrasah, dan Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Juwariah Juwariah sdr
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:16
Last Modified: 08 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item