PENGARUH PEMBIASAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMK NEGERI SE-CILACAP TIMUR

JUBAEDAH, JUBAEDAH (2021) PENGARUH PEMBIASAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMK NEGERI SE-CILACAP TIMUR. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Jubaedah _ Pengaruh Pembiasaan dan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Religiusitas Siswa SMK Negeri se-Cilacap Timur.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh positif pembiasaan pengamalan agama terhadap religiusitas siswa di SMK Negeri se-Cilacap Timur? ; dan (2) Adakah pengaruh positif keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas siswa di SMK Negeri se-Cilacap Timur(3) Adakah pengaruh positif yang signifikan antara pembiasaan dan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas siswa SMK Negeri se-Cilacap Timur?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: “untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang positif antara pembiasaan terhadap religiusitas, antara keaktifan belajar pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas, serta pengaruh yang positif dan signifikan antara pembiasaan dan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas siswa di SMK Negeri se-Cilacap Timur.” Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri se-Cilacap Timur, yaitu di SMK Negeri 1 Nusawungu dan SMK Negeri 1 Binangun. Adapun waktu penelitian ini berlangsung selama 4 (empat) bulan, yaitu Bulan Juli 2020 sampai dengan Bulan Oktober 2020. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel independen, yaitu pembiasaan pengamalan agama (X1), dan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam (X2), dan 1 variabel dependen yaitu religiusitas siwa SMK Negeri se-Cilacap Timur dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, pengamatan, wawancara dan dan teknik analisis datanya dengan teknik deskriptif-kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara pembiasaan pengamalan agama terhadap religiusitas siswa SMK Negeri se-Cilacap Timur dengan perolehan nilai t hitung 3,322 lebih besar dari t tabel yakni,2,001, terdapat pengaruh positif signifikan antara keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas siswa SMK Negeri se-Cilacap Timur dengan perolehan nilai t hitung sebesar 2.417 lebih besar dari t tabel yakni 2,001, serta terdapat pengaruh positif signifikan antara pembiasaan pengamalan agama dan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama berpengaruh terhadap religiusitas siswa SMK Negeri se-Cilacap Timur, karena berdasarkan uji koefisiensi determinasi, menunjukan nilai adjusted R square sebesar 0,551, dimana variasi dari variabe;l religiusitas dapat dijelaskan oleh variabel keaktifan dan pembiasan sebesar 0,551 atau 55,1% sedangkan sisanya sebesar 44,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar persamaan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Pengamalan Agama, Keaktifan Belajar Pendikan Agama Islam,Religiusitas,siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 21 May 2021 06:57
Last Modified: 21 May 2021 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item