KEGIATAN-KEGIATAN SDIT NURUL HUDA KARANGREJA KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA DALAM PROSES PEMBENTUKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA

Hanika Fajar Puspitarini, 1223101036 (2016) KEGIATAN-KEGIATAN SDIT NURUL HUDA KARANGREJA KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA DALAM PROSES PEMBENTUKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkah laku seseorang. Konsep diri merupakan salah satu aspek perkembangan psikososial peserta didik yang penting dipahami oleh seorang guru.Lingkungan sekolah menjadi tempat terbentuknya konsep diri anak-anak. Hal tersebut terjadi karena anak-anak pada masa sekolah rendah lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinteraski bersama teman sebayanya di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu peran lingkungan sekolah dalam membentuk konsep diri anak-anak sangat berpengaruh terhadap pola diri anak, dimana konsep diri anak dapat dibentuk menjadi konsep diri yang positif. Kunci keberhasilan hidup adalah mempunyai konsep diri yang positif.Dengan konsep diri yang positif seseorang akan selalu optimis, berani mencoba hal-hal baru, berani sukses, berani gagal, percaya diri, antusias, merasa diri berharga, berani menetapkan tujuan hidup, bersikap dan berpikir positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam kegiatan proses pembentukan konsep diri positif pada siswa di SDIT Nurul Huda Karangreja. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang ada disekolah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat kualitatifdeskriptif. Data-data yang diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berifikir Milles and Huberman, yang langkah-langkahnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SDIT Nurul Huda Karangreja mampu membentuk konsep diri positif pada siswa melalui berbagai upaya kegiatan seperti berdoa dan berjabat tangan, tartili, fullday school, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, menjaga kebersihan dan kerapian, menjalin komunikasi dengan baik, pemberian hadiah dan hukuman, pemberian motivasi, outdoor study, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Konsep Diri Positif, dan Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personal Improvement and Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 06 Sep 2016 00:09
Last Modified: 06 Sep 2016 00:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item