Implementasi Akad Murabahah Bil Wakalah Pada Produk Pembiayaan Mikro di KSPPS BMT Hanada Quwais Cabang Pasirmuncang Purwokerto Barat

Dian, Sandi Utomo (2021) Implementasi Akad Murabahah Bil Wakalah Pada Produk Pembiayaan Mikro di KSPPS BMT Hanada Quwais Cabang Pasirmuncang Purwokerto Barat. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Hanada Quwais merupakan salah satu Lembaga Keuangan syariah yang kegiatan utamanya adalah mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam rangka meningkatkan ekonomi pengusaha kecil dan mitra bisnis. Pembiayaan mikro merupakan salah satu produk yang difokuskan untuk disalurkan, dan diperuntukkan untuk membiayai kebutuhan usahanya melalui pembiayaan investasi, modal kerja dan multiguna. Sedangkan akad yang digunakan adalah salah satunya Murabahah bil wakalah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif. Sedangkan objek penelitian adalah Implementasi akad murabahah bil wakalah pada pembiayaan mikro di KSPPS BMT Hanada Quwais Cabang Pasir Muncang Purwokerto Barat. Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi dan data ynag dibutuhkan. Implementasi akad murabahah bil wakalah di KSPPS BMT Hanada Quwais Cabang Pasir Muncang Purwokerto Barat adalah, dengan terlebih dahulu melakukan akad wakalah, yakni pihak BMT mewakilkan atau menitipkan uang sesuai dengan pengajuan nasabah. Kemudian nasabah membeli keperluannya dengan uang tersebut. Nasabah melampirkan nota pada saat pelaksanakan akad murabahah maksimal 14 hari setelah akad wakalah dilakukan. Setelah nota sudah terpenuhi dan diserahkan oleh nasabah, maka akad murabahah baru dilakukan. Jadi nasabah dan pihak BMT melakukan akad dua kali, pertama adalah akad wakalah, di mana dilakukan serah terima dana dari BMT ke nasabah, dan kedua, akad murabahah, di mana dilakukan akad penjualan kembali barang tersebut dari pihak BMT ke nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro, Murabahah bil wakalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Dian Sandi Utomo sdr
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:05
Last Modified: 30 Apr 2021 07:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item