SISTEM PENGELOLAAN TABUNGAN BULANAN ANGGOTA KOPERASI PERSPEKTIF ISTISLAH (Studi Kasus di Koperasi Putra Dampo Awang Purbalingga)

WINDIS, NURSA'DILA UTAMI (2021) SISTEM PENGELOLAAN TABUNGAN BULANAN ANGGOTA KOPERASI PERSPEKTIF ISTISLAH (Studi Kasus di Koperasi Putra Dampo Awang Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WINDIS NURSA'DILA U-SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembangunan ekonomi, terdapat mereka yang bergerak di usaha mikro kecil, menengah dan beberapa jenis badan usaha, seperti koperasi. Di koperasi terdapat simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela. Namun, terdapat koperasi yang berbeda dengan koperasi pada umumnya, yaitu adanya sistem tabungan bulanan anggota koperasi yang wajib dibayarkan anggota setiap bulannya. Terlebih lagi di dalam Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga tidak ada ketentuan mengenai penarikan tabungan bulanan yang wajib di bayarkan. Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Putra Dampo Awang Purbalingga yang digunakan dalam jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fielld research) dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis kualitatif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer yaitu pengurus serta anggota Koperasi Putra Dampo Awang Purbalingga. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulakan bahwa sistem pengelolaan tabungan bulanan anggota Koperasi Putra Dampo Awang Purbalingga dilihat dari segi Istis}la>h}/mas{lah{ah, mendatangkan manfaat. Sistem tabungan bulanan ini dapat mempererat hubungan kemitraan antar anggota, mendidik dan melatih anggota untuk belajar berhema. Anggota akan terdorong untuk mengurangi pola hidup konsumtif untuk dialihkan dengan menabung untuk keperluan ataupun investasi jangka panjang. Namun, adanya sistem tabungan bulanan anggota koperasi ini juga menimbulkan beberapa keburukan (mafsa>dat). Dilihat dari pernyataan beberapa anggota yang merasa terkadang keberatan jika keuangannya sedang tidak stabil, bahkan sampai berhutang terlebih dahulu untuk menutupi setoran tabungan agar tidak dikeluarkan dari keanggotaan. Adanya maslahat dan mudhorot dari sistem tabungan bulanan anggota Koperasi Putra Dampo Awang ini dapat menjadi bertimbangan calon anggota yang akan berkecimpung dalam Koperasi Putra Dampo Awang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Sistem Pengelolaan Tabungan Bulanan, Koperasi Putra Dampo Awang, Istislah/maslahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: WINDIS NURSA'DILA UTAMI
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:08
Last Modified: 13 Apr 2021 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item