Rohmah, Isnaeni (2021) Pengunaan Media Benda Konkret dalam Pembelajaran Tematik pada kelas III di MI Ma'arif Nu Pliken kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ROHMA ISNAENI _PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS III DI MI MA’ARIF NU PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah aktifitas yang memiliki maksud atau tujuan tertentu yang diarahkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki manusia baik sebagai manusia ataupun sebagai masyarakat dengan sepenuhnya. Dalam pendidikan terdapat 4 komponen diantaranya yaitu: guru, peserta didik, lingkungan dan kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu instrumen yang diharapkan mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Kurikulum disusun dan dikembangkan dan dapat digunakan sebagai pemandu dalam mengarahkan peserta didik menjadi manusia berkualitas, mampu dan proaktif akan menjawab tantangan zaman. Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Pendorong dalam pembelajaran dikenal berbagai media pembelajaran, salah satunya adalah media benda konkret yang dijadikan sebagai jalan alternative peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan pada skripsi ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut merupakan penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta dan sifat populas. Skripsi ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media benda konkret pada pembelajaran tematik menggunakan jenis media benda konkret yang tidak dimodifikasi atau merupakan benda asli, contohnya guru menggunakan buah-buahan, makanan dan minuman. Penggunaan tersebut mengacu pada RPP, silabus dan buku petunjuk (buku siswa dan guru) yang kemudian disesuaikan dengan materi. Tahapan-tahapan dalam penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran tematik terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Benda Konkret, Pembelajaran Tematik, Penggunaan Media Benda Konkret |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials 900 Geography and history > 907 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Rohma Isnaeni |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 04:01 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 04:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10050 |
Actions (login required)
View Item |