RAKHMAWATI SUKMA INTAN, NIM. 1123303007 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN BAKAT DAN MINAT SISWA TK KEMALA BHAYANGKARI 16 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text
RAKHMAWATI SUKMA INTAN_MANAJEMEN PEMBINAAN BAKAT DAN MINAT SISWA TK KEMALA BHAYANGKARI 16 PURBALINGGA.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Pentingnya pendidikan mendasari perlu adanya strategi dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Dimulai dari usia dini yang merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak karena pada usia dini semua potensi anak berkembang dengan cepat. Adapun tujuan dari pendidikan anak usia dini secara umum adalah mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan tujuan dan manfaat penulisan ini adalah mengetahui antara idealisme teori dengan realitas manajemen pembinaan bakat dan minat siswa TK Kemala Bhayangkari 16 Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah TK Kemala Bhayangkari 16 Purbalingga, subyek penelitian adalah kepala TK dan guru koordinator. Obyek penelitian ini adalah manajemen pembinaan bakat dan minat siswa. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yakni pertama, reduksi data adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok memfokuskan pada hal-hal penting dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk naratif dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah manajemen pembinaan bakat d an minat siswa TK Kemala Bhayangkari 16 Purbalingga sudah berjalan dengan baik yakni dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Dalam proses perencanaan melalui tahapan merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan, memilih guru koordinator sebagai pendamping dan pembina, mengidentifikasi bakat dan minat siswa dan pembiayaan yang nantinya akan dikeluarkan untuk proses kegiatan pembinaan bakat dan minat siswa. Kemudian, pengorganisasian yang baik dalam manajemen pembinaan bakat dan minat siswa dengan melaksanakan pembagian tugas sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru, juga melaksanakan penggerakan untuk memotivasi guru beserta siswa-siswanya agar lebih bersemangat. Pengawasan telah melalui tahapan pengawasan dan penilaian terhadap proses pembinaan bakat dan minat siswa. Kendala-kendala dalam manajemen pembinaan bakat dan minat siswa sejauh ini bisa diatasi dengan baik. Kata Kunci: Manajemen Pembinaan Bakat dan Minat Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/694 |
Actions (login required)
View Item |