PENGARUH ATTITUDE TOWARDS USING, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO)

Dhuha Hanif, Bahtiar (2021) PENGARUH ATTITUDE TOWARDS USING, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DHUHA HANIF BAHTIAR_PENGARUH ATTITUDE TOWARD USING, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Uang elektronik, merupakan salah satu sistem pembayaran di Indonesia. Uang elektronik terdapat 2 jenis produk, yaitu; kartu (card based) dan perangkat lunak aplikasi (software based). Dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan dompet digital dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana (Theory of Planned Behavior/TPB) merupakan teori yang menjelaskan bahwa perilaku terbentuk karena adanya intention/minat, dimana minat tersebut dipengaruhi oleh sikap terhadap perilaku (attitude towards behavior), norma subyektif (subjective norm) dan persepsi kontrol perilaku (perceived behavioural control) yang merupakan juga tiga konstruk yang digunakan dalam TPB. Penelitian ini memiliki satu variabel terikat yaitu minat penggunaan (behavior intention to use), dan 3 variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap terhadap penggunaan (attitude towards using), norma subyektif (subjective norm) dan persepsi kontrol perilaku (perceived behavioural control). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner yang berjumlah 101 responden. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linier dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 variabel yaitu attitude towards using, subjective norm dan perceived behavioural control terhadap minat penggunaan dompet digital memiliki pengaruh secara positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: attitude towards using, subjective norm, perceived behavioral control, dompet digital
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
600 Technology (Applied sciences) > 601 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Dhuha Hanif Bahtiar
Date Deposited: 05 Aug 2021 07:10
Last Modified: 05 Aug 2021 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item