ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DALAM BUKU SISWA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD / MI KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Kabul, Yusro Aji F.R. (2021) ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DALAM BUKU SISWA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD / MI KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Pengarang_Judul.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Oleh karena itu, buku acuan wajib digunakan di satuan pendidikan dasar yang telah disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terdapat pada buku teks pelajaran siswa. Buku teks siswa yang dianalisa adalah buku teks siswa Indahnya Keragaman di Negeriku untuk SD/MI kelas IV edisi revisi 2017 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Teama 7 terbitan Kemdikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Adapun yang dianalisa adalah nilai-nilai sosial yang terdapat pada setiap pelajaran yang ada di dalam buku teks siswa. Hasil penelitian ini terdapat enam nilai sosial yang harus dikuasai anak, yakni kerja sama, tanggungjawab, disiplin, percaya diri, gotong royong, dan toleransi. Contoh aktifitas yang memuat nilai kerjasama yaitu anak dikondiskan untuk mengerjakan tugas secara bersamaan. Contoh aktifitas yang memuat nilai tanggungjawab anak diarahkan untuk menerima resiko dari ditindakan yang dilakukan. Contoh aktifitas yang memuat nilai disiplin anak dibiasakan menyelesaikan tugas sesuai dengan petunjuk yang disediakan dan menjawab pertanyaan dengan tepat dan benar. Contoh aktifitas yang memuat nilai percaya diri anak dikondisikan untuk berani tampil di depan orang lain. Contoh aktifitas yang memuat nilai gotong royong anak dikondisikan untuk menyelesaikan masalah dengan bekerjasama. Dan contoh aktifitas yang memuat nilai toleransi anak dikondisikan untuk menghargai perbedaan dan kebebasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Nilai-nilai Sosial, Buku Teks Siswa Indahnya Keragaman di Negeriku
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Kabul Yusro Aji F.R
Date Deposited: 27 Feb 2021 23:07
Last Modified: 27 May 2021 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9974

Actions (login required)

View Item View Item