Khamim Edy Cahyono, NIM. 1223308010 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN IBADAH SHALAT SISWA DI SMP NEGERI 2 SOMAGEDE KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
KHAMIM EDY CAHYONO_PENANAMAN NILAI - NILAI DISIPLIN SHALAT SISWA DI SMP NEGERI 2 SOMAGEDE KECAMAT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai disiplin ibadah shalat siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Somagede, dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai disiplin ibadah shalat siswa di SMP Negeri Somagede dilakukan dengan cara melalui fokus utama, pendekatan sistematis, pendekatan pengajaran, continuum (rangkaian kesatuan) perilaku positif dan akademis, pendekatan kepemimpinan yang menguatkan berbasis TIM, komitmen yang kuat, proses pembuatan keputusan berdasar data, pelestarian sistem, pengembangan profesional yang sistematis dan berkelanjutan, hiwar/ percakapan, qishah/ cerita, amtsal/ perumpamaan, contoh dan tauladan, pembiasaan, ‘ibrah dan mau’idah, tarhib dan tarhib (janji dan ancaman).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanaman nilai-nilai, disiplin ibadah shalat, siswa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 06:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
View Item |