Rizka, Prismawati Hidayah (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH (WI) KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI RIZKA REVISI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Wathaniyah Islamiyah (WI) Kebarongan Kemranjen Banyumas terdapat kendala yang ditemui oleh guru Imla yakni (1). Faktor latar belakang siswa yang beragam, terdapat beberapa siswa berasal dari SD yang belum memiliki dasar mengenal bahasa arab yang sama sekali belum mengenal huruf hijaiyyah dibandingkan dengan siswa yang berlatarbelakang MI , sengga mereka yang berlatar belakang SD merasakan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran imla'. (2). Sebagian besar siswa yang masih belum bisa membaca Al-qur'an mereka masih iqro' jilid 4-5. Rumusan Masalah penelitian ini adalah " Bagaimana Implementasi Pembelajaran Imla Pada Peserta Didik kelas Vii di Madrasah Tsanawiyah Wathaniyah Islamiyah ( WI) Kebarongan Kemranjen Banyumas". Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif (deskriptif). Yang mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru imla Kelas VII Mrs Wi Kebarongan Kemranjen Banyumas. Dan bojek penelitiannya mengenai pembelajaran imla. Hasil penelitian ini didapatkam bahwa dalam pembelajaran imla di sekolah tersebut khususny kelas VII di Mts WI Kebarongan Kemranjen Banyumas menggunakan jenis imla manqul. Dalam pembelajarannya memuat tujuan, materi, metode, media, serta evaluasi. Tujuan pembelajaran imla agar siswa dapat menulis huruf arab dengan baik dan bwnar sesuai dengan kaidah penulisan imla. Materi yang digunakan terkait dalam buku paket secara gamblang dan jelas. Metode yang digunakan dalam pembelajaran imla menggunakan metode imla, metode ceramah, dan metode langsung. Media yang digunakan yakni audio, visual, audio diaplikasikan dengan ucapan lisan sedangkan visual dengan menggunakan papan tulis, buku tulis, spidol dan ruang kelas. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Imla. |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sdri Rizka Prismawati Hidayah |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 05:06 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9463 |
Actions (login required)
View Item |