IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Shelyana, Tri Agustin (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shelyana Tri Agustin_ Implementasi Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran problem solving adalah suatu metode pembelajaran yang bukan hanya sekedar mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berfikir dimana siswa dihadapkan dengan sebuah permasalahan untuk dicari solusinya. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa mata pelajaran dengan menggunakan tema untuk mengarahkan siswa menjadi lebih aktif, kreatif dalam mengembangkan pemikiran. Pada pelaksanaanya, penggunaan metode problem solving pada pembelajaran tematik merupakan suatu langkah yang dipilih guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi/penerapan metode pembelajaran problem solving pada pembelajaran tematik di kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini diambil di MI Istiqomah Sambas Purbalingga kelas V Al-Mulk. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan triangulasi dari hasil penelitian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi metode pembelajaran problem solving pada pembelajaran tematik kelas V Al-Mulk MI Istiqomah Sambas Purbalingga, dapat disimpulkan bahwa sebelum guru melakukan proses pembelajaran, guru menyusun perencanaan yang tertuang dalam RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru membaginya menjadi 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti guru memberikan materi dengan menggunakan 6 tahapan problem solving yaitu, tahap identifikasi permasalahan, penyajian permasalahan, perencanaan pemecahan, menerapkan perencanaan, menilai perencanaan, dan menilai hasil pemecahan. Pada akhir proses pembelajaran guru melakukan evaluasi materi. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti, metode implementasi problem solving sudah mampu diterapkan dengan baik di kelas V Al-Mulk MI Istiqomah Sambas Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Problem Solving, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shelyana Tri Agustin sdr
Date Deposited: 14 Feb 2021 14:08
Last Modified: 14 Feb 2021 14:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item