NILAI-NILAI KETELADANAN GURU DALAM KITAB AN-NUR AL-BURHANIY JUZ II KARYA KH. MUSLIH AL-MARAQI

Nurina, Sofiyatun (2021) NILAI-NILAI KETELADANAN GURU DALAM KITAB AN-NUR AL-BURHANIY JUZ II KARYA KH. MUSLIH AL-MARAQI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi full Nurina Sofiyatun.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_babI_babV_DaPus_NURINA-SOFIYATUN.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak hanya mencakup pada pengembangan intelektual, akan tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian peserta didik secara menyeluruh. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembinaan tersebut adalah dengan cara keteladanan. Seorang guru harus menunjukkan adanya sikap dan kepribadian yang baik sehingga kepribadiannya dapat diteladanai oleh peserta didiknya. Keteladanan seorang guru mencerminkan bahwa segala tingkah laku, tuturkata, sifat, maupun cara berpakaian semuanya dapat diteladani. Dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II menyajikan biografi singkat dan kisah-kisah yang dapat diteladani dari seorang Maha Guru yaitu Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. Beliau merupakan sosok guru teladan yang dibahas dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II dengan berbagai kisahnya yang dapat dijadikan teladan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II karya KH. Muslih al-Maraqi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Nilai-nilai keteladanan guru apasaja yag terdapat dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II dan bagaimana nilai- nilai keteladanan guru yang terdapat dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II karya KH. Muslih al-Maraqi”. Sehingga tujuan dari penelitian yang dikaji dalam penulisan ini adalah mengetahui nilai-nilai keteladanan guru yang ada dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II karya KH. Muslih al-Maraqi serta menganalisis nilai-nilai keteladanan guru dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II karya KH. Muslih al-Maraqi. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II. Sedangkan sumber data sekunder yang peneliti ambil adalah berupa buku-buku dan literatur-literatur yang relevan dengan dengan penelitian ini antara lain Ta’līm al-Muta’allim karya Az-Zarnuji, kitab Adab al-‘Alim wa al- Muta’alim karya Syaikh Hasyim al-Asy’ari, dan buku yang berjudul “Syekh Abdul Qadir Jailani: Samudra Hikmah, Wasiat, dan Pesan-pesan Spiritual yang Menghidupkan Hati” karya Ja’far Shodiq, dan lain sebagianya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai keteladanan guru dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II karya KH. Muslih al-Marqi dikelompokan menjadi tiga nilai yang meliputi nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai keimanan yang yang terdapat pada kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II yaitu keimanan terhadap Allah SWT., keimanan terhadap kitab Allah SWT., dan keimanan terhadap Rasul Allah SWT. Nilai Ibadah yang terkandung dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II adalah shalat dan bersuci (wudhu dan mandi besar). Nilai Akhlak dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II adalah tawadhu’, jujur, sabar, murah hati, takwa, dan wara’. Dari setiap nilai tersebut disajikan dengan berbagai kisah yang terkandung dalam kitab an-Nūr al-Burhāniy Juz II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Keteladanan, Guru, an-Nūr al-Burhāniy Juz II
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nurina Sofiyatun
Date Deposited: 14 Feb 2021 13:29
Last Modified: 14 Feb 2021 13:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item