UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISLEKSIA SISWA KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Yekti, Purwaningrum (2020) UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISLEKSIA SISWA KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YEKTI PURWANINGRUM _UPAYA GURU DALAM MENGATASI DISLEKSIA SISWA KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Disleksia atau biasa sering disebut dengan kesulitan membaca merupakan suatu gejala kesulitan dalam mempelajari komponen-komponen kata dalam kalimat. Dari uraian diatas maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana keadaan siswa kelas 1 yang mengalami disleksia di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi disleksia pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sisiwa kelas 1 yang mengalami disleksia dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi siswa kelas 1 yang mengalami disleksia di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian tersebut adalah guru kelas 1A dan 1B sebagai pelaku utama dalam mengatasi disleksia, serta siswa kelas 1A dan 1B. Sedangkan yang menjadi objek penelitan adalah upaya guru dalam mengatasi disleksia siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu ada tiga siswa yang mengalami disleksia. Jenis kesulitannya yaitu siswa kurang mengenali huruf. Faktor penyebab disleksia siswa dsebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru kelas 1A dan 1B dalam mengatasi disleksia siswa di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon yaitu melalui pemberian perhatian dan motivasi, bimbingan ketika waktu luang di sekolah, pemberian jam tambahan bimbingan belajar, dan pendekatan orang tua untuk mengkomunikasikan perkembangan anaknya. Hal ini dilakukan guru dalam rangka mengatasi disleksia pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan ajibarang Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, disleksia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Yekti Purwaningrum
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:55
Last Modified: 27 Jan 2021 07:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item