Romadhotul, Inayah (2020) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI KEMANFAATAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK PADA MASYARAKAT(STUDI KASUS DI WILAYAH KOTA PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
1617201120- ROMADHOTUL INAYAH_Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Masyarakat (Studi Kasus di Wilayah Kota Purwokerto).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kota Purwokerto merupakan pusat perekonomian dari Kabupaten Banyumas yang memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Jawa Tengah. Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi mendorong terjadinya aktivitas ekonomi yang meningkat. Aktivitas ekonomi tidak dapat terpisahkan dari transaksi keuangan. Uang yang dulu digunakan hanya berbentuk kertas ataupun logam kini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan digital uang berbentuk elektronik. Menurut teori TAM (technology acceptance model) ada dua faktor yang mempengaruhi seseorang dalam penerimaan sebuah sistem teknologi yang baru yaitu persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan. Sementara untuk mempengaruhi masyarakat agar berminat menggunakan uang elektronik perusahaan penerbit uang elektronik memberikan berbagai macam promosi kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, dan promosi terhadap minat penggunaan uang elektronik pada masyarakat di wilayah Kota Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuesioner. Pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 105 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan uang elektronik pada masyarakat di Purwokerto baik secara parsial maupun secara simultan. Kata kunci: minat penggunaan, uang elektronik, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, promosi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat penggunaan, uang elektronik, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, promosi. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sdri Romadhotul Inayah |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:31 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 03:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9029 |
Actions (login required)
View Item |