ANALISIS DIMENSI PERSEPSI YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE BANKING (STUDI KASUS PADA BJB SYARIAH KCP CIPUTAT)

Nadila, Dwi Febrianti (2020) ANALISIS DIMENSI PERSEPSI YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE BANKING (STUDI KASUS PADA BJB SYARIAH KCP CIPUTAT). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NADILA DWI FEBRIANTI_ANALISIS DIMENSI PERSEPSI YANG MEMPENGARUHI_removed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Teknologi berkembang sangat cepat, salah satu fenomena yang menarik adalah munculnya internet. Perkembangan teknologi internet sangat berguna bagi perkembangan suatu perusahaan atau bisnis. Selama beberapa tahun terakhir ini bank syariah memperkenalkan sistem perbankan berbasis internet untuk meningkatkan operasional dan mengurangi biaya. Saat ini mobile banking menjadi prioritas dalam pengembangan, proses transaksi non-cash bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun. Minat nasabah terhadap penggunaan mobile banking dilandasi dengan berbagai macam dimensi persepsi, antara lain persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kenyamanan, persepsi kepercayaan, dan persepsi kemanfaatan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna mobile banking bjb Syariah KCP Ciputat, sampel yang diambil sebanyak 152 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Data diolah dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, dan asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh dari dimensi persepsi yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan mobile banking digunakan teknik analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis yaitu dengan uji T dan uji F dan uji koefisien determinasi dengan bantuan alat uji IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial persepsi kemudahan penggunan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking, untuk variabel persepsi kenyamanan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking, untuk variabel persepsi kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking, untuk variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking. Dan secara simultan persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kenyamanan, persepsi kepercayaan, dan persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking bjb Syariah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kenyamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemanfaatan, Minat Menggunakan Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kenyamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemanfaatan, Minat Menggunakan Mobile Banking.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nadila Dwi Febrianti sdr
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:00
Last Modified: 05 Nov 2020 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item