STUDI KOMPARASI SILABUS RONGRIEN BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND SELATAN DENGAN SILABUS MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

WIDYA RAHMAWATI AL-NUR, NIM. 1223305121 (2016) STUDI KOMPARASI SILABUS RONGRIEN BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND SELATAN DENGAN SILABUS MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
WIDYA_STUDI KOMPARASI SILABUS RONGRIEN BAKONG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting dalam proses pembelajaran. Guru hendaknya menyiapkan perangkat pembelajaran termasuk silabus sebelum melaksanakan aktivitas pembelajaran di kelas. Silabus adalah produk pengembangan kurikulum dimana silabus ini menjadi rancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan alar matapelajaran tertentu pada jenjang dan kelas tertentu yang dipertimbangkan berdasarkan ciri dan ksbutuhan daerah setempat. Oleh karena itu, silabus sangat membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran pada sekolahnya masingmasing. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kornparasi silabus yang ada di Rongrien Bakong Pittaya school dengan silabus yang ada di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Adakah persamaan dan perbedaan antara dua silabus yakni silabus di Rongrien Bakong Pittaya Schoal dan silabus di Ml Ma'arif NU 1 Pageraji Banyumas. Penelitian ini merupatan penelitian kepustakaan (library research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode interview dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian, yakni Waka Kurikulum dan Guru Mata pelajaran. Kemuiian untuk menganalisis data hasil penelitian, penulis teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan ada persamaan fungsi silabus di kedua sekolah yakni silabus menjadi pedoman penyelenggaraan pembelajaran sebagai produk kurikulum yang di sesuaikan dengan kebutuhan daerah setempat. Namun ada beberapa perbedaan diantaranya adalah format silabus di kedua sekolah, konten materi pelajaran yang disampaikan, kompetensi dasar yang digunakan pada masing-masing sekolah dan teknik penilaian akhir yang digunakan oleh masing-masing sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi Komperasi, Silabus, Rongrien, Bakong Pittaya School, MI Ma’arif NU 1 pageraji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:09
Last Modified: 23 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item